Home Nasional Tuntutan Mayday 2017 : Perjuangkan Hosjatum

Tuntutan Mayday 2017 : Perjuangkan Hosjatum

54
0
SHARE

Jakarta – Info Berita Satu – Konfederasi Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) memberikan penjelasaan aksi Mayday yang dilaksanakan tanggal 1 May yang akan diikuti setengah juta buruh di 32 Provinsi meliputi 250 kab/kota. Adapun isu yang diangkat HOSJATUM (Hapus Outsourcing – Jaminan Sosial – Tolak Upah Murah) disampaikan Presiden KSPI Said Iqbal saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (28/4/17).

Said Iqbal mengatakan aksi May Day diseluruh Indonesia dan untuk JABODETABEK akan dipusatkan di istana, catatan yang kami terima 150 ribu buruh akan berada di istana titik kumpul aksi May Day adalah di patung kuda jam 10.00 WIB akan long march ke istana sampai dengan jam 19.00 WIB.

Pada aksi  “May Day” KSPI menyuarakan penghapusan sistem kerja yang eksploitatif seperti praktik alih daya dan pemagangan. Terkait jaminan sosial, KSPI menuntut jaminan kesehatan gratis untuk seluruh rakyat. Dengan kata lain, KSPI menuntut program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dibiayai negara melalui APBN.

Sistem kerja alih daya, apalagi ditambah dengan pemagangan, adalah praktik perbudakan modern yang tidak memberikan kepastian kerja dan masa depan bagi buruh. Karena itu Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2017 bertema HOSJATUM, yang merupakan kependekan dari “hapuskan ‘outsourcing’ atau praktik alih daya dan pemagangan”, “jaminan sosial” dan “tolak upah murah”. ujar Said Iqbal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here