Perlindungan Hukum Tenaga Kerja Indonesia Dalam Era Masyarakat Ekonomi Asean

0
293
Jpeg

Komunitas Mahasiswa Hukum (Komaskum) Prodi Hukum dan UPBJJ-Jakarta untuk menggelar seminar ketenagakerjaan dengan tema Perlindungan Hukum Tenaga Kerja Indonesia Dalam Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi di Aula Universitas Terbuka (UT) Rawamangun Jakarta, Kamis (24/8/17).

Keynote Speech Eny Rofiatul N, S.H., M.H Deputi Senior Hukum Perburuhan LBH Jakarta. Sebagai nara sumber Prof. Daryono S.H., M.A., Phd Dekan FHISIP UT, Heru Susanto M.SI. Koordinator Nasional MP BPJS, Agus Susanto Dirut BPJS Ketenagakerjaan dan dr Endang Wahyuningsih Kepala Bidang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja dari Disnaker Tangsel.

Liberalisasi Asean semua negara anggota tidak boleh memberi hambatan. Di Level Asean sudah ada badan yang mengakreditasi. Kesiapan SDM Indonesia menghadapi MEA masih rendah. Upskilling tenaga kerja melalui pendidikan dan pelatihan Brain Re Gain serta adopsi Asean Qualification Framework (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia/ KKNI) ujar Daryono.

Landasan hukum terkait Penempatan tenaga Kerja Indonesia ke luar negeri adalah Undang-Undang No.39 Tahun 2004 tentang penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri (UU PPTKLN). Hanya sedikit sekali mengatur hak-hak dan jaminan perlindungan hak-hak buruh migran dan anggota keluarganya.(rs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here