Home Nasional Suku Pakpak Mengadakan Rakernas III Projo di Sports Mall Kelapa Gading Jakarta…...

Suku Pakpak Mengadakan Rakernas III Projo di Sports Mall Kelapa Gading Jakarta… Njuah Njuah Banta Karina Oang Oang Oang

55
0
SHARE

Jakarta, Info Berita Satu.com–Rakernas III Projo telah berakhir dengan sukses pada hari Selasa 5/9/2017.
Sejak dibuka secara resmi oleh bapak presiden RI,pada Senen 4/9/2017 yang lalu. Euforia masyarakat Pakpak diseluruh dunia begitu terasa, di surat kabar lokal maupun nasional, TV swasta maupun pemerintah, apalagi dimedia sosial hampir semua Memberitakan momen yang sangat bersejarah ini.

Bagaimana tidak, inilah kali pertama sejak Rebuplik ini merdeka, seorang presiden disambut dengan tari tarian dari Etnis Pakpak, yaitu”Tatak Mengera-era ” (Walaupun sebelum kehadiran Bapak presiden RI,para penari dan pemusik dari suku Pakpak sudah dihibur dengan tarian”Tatak Dembas Oang-Oang”)

“Tatak Mengera-era” adalah suatu acara kebesaran Pakpak dan penghormatan tertinggi dalam penyambutan atas kedatangan seorang Raja atau pemimpin.”Tatak Mengera-era” dilaksanakan seorang pemain silat meliuk-liukkan daun-daunan yang telah dipadukan dalam suatu tongkat yang mana,Daun-daunan melambangkan hasil tanah Yang subur, sumber kehidupan dan kemakmuran masyarakat Pakpak.

Semoga kehadiran Bapak presiden RI Yang kami sambut dengan tarian Pakpak,membawa kemakmuran bagi masyarakat Pakpak.
Kami mendoakan, semoga Pak presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara, selalu sehat walafiat dan dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa,dalam memimpin NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 45 Bhinneka Tunggal Ika.
Mewakili Team budaya Pakpak IKEPADA untuk acara ini,saya (LUPRI PADANG SEKJEN IKEPADA), Menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya.
Kepada,BAPAK DR. EDDY KELLENG ATE BERUTU EKA.selaku Ketua Projo Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara. Yang telah membuka pintu masuk kepada masyarakat Pakpak untuk menunjukkan kepada masyarakat Indonesia identitas Pakpak lewat Tarian dan budaya Pakpak.

Dan Bapak Bachtiar Ravenala ujung selaku Ketua Umum IKEPADA yang selama ini telah memberikan Fasilitas tempat bahkan perhatian penuh kepada masyarakat Pakpak umumnya khusus diperantau.
Juga berterima kasih kepada penari dan pemain musik Tradisional yang telah berlatih penuh selama Dua Minggu tanpa mengenal lelah. Dengan ragam Suku bahasa dan dengan ucapan pribahasa ( PARTUA IBALE, PARTUA IBAGES, SIMATAH DAGING, yang telah hadir dan mengikuti acara tersebut.

Masyarakat Pada Diseluruh dunia yang telah memberikan dukungan doanya untuk kesuksesan acara tersebut, sehingga tidak ditemukan sedikitpun kesalahan dan kecanggungan dalam menyambut Presiden RI. Besar harapan kami semoga kedepannya masyarakat Pakpak semakin bersatu untuk mencapai masyarakat yang sejahtera dan damai.

Dengan akhirnya ucapan Ketua Umum IKEPADA Damai sejahtera buat kita semua.
NJUAH NJUAH. NJUAH NJUAH. NJUAH NJUAH.
OANG. OANG. OANG.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here