Home Nasional Pemuda Sebagai Penjaga Pancasila dan Pembangunan Peradaban

Pemuda Sebagai Penjaga Pancasila dan Pembangunan Peradaban

52
0
SHARE

Jakarta , Info Berita Satu Dalam rangka memperingati 72 tahun Indonesia Merdeka dan 89 tahun Sumpah Pemuda, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), hari ini Senin (30/10) menggelar Parade Kemerdekaan dan Kebangsaan. Adapun wujud dari kegiatan ini meliputi peluncuran buku “Pancasila Rumah Bersama”, Seminar Nasional “Pemuda Sebagai Penjaga Pancasila dan Pembangun Peradaban sekaligus Peluncuran Aplikasi Android & IOS “GMKI Sinergi”.

Dalam sambutannya Sahat M.P. Sinurat yang menjabat Ketua Umum GMKI mengatakan bahwa dalam momen memperingati 72 tahun Indonesia Merdeka dan 89 tahun Sumpah Pemuda GMKI, di ruang publik bangsa Indonesia masih dipenuhi oleh konflik berkepanjangan, baik berupa ujaran kebencian terkait suku, agama, ras dan antar golongan (SARA), tindakan persekusi, pelarangan ibadah terhadap kelompok agama tertentu, dan lain sebagainya.

“Perbedaan bangsa kita dalam bentuk kemajemukan itu malah mengakibatkan perseteruan dan kegaduhan. Padahal dalam kondisi yang sebenarnya, keberagaman kita adalah anugerah dan kelebihan kita sebagai satu bangsa,” kata Sahat.

Menurutnya lagi agama manapun tidak mengajarkan keburukan, melainkan kebaikan. Ritual ibadah boleh beda tapi setiap penganut agama manapun percaya pada keberadaan Tuhan, dimana agama mengajarkan perdamaian dan hidup damai sebagai satu bangsa Indonesia.

“Dunia saja mengakui keberagaman dan kemajemukan bangsa kita baik perbedaan warna kulit, agama, suku, dan lainnya, ternyata tetap dapat bersatu sebagai satu bangsa,” jelasnya.

Sahat juga melihat bahwa ideologi Pancasila harus dipahamu dan dijiwai setiap insan manusia Indonesia yang menghuni bumi Nusantara.

“Hari ini kami melaunching buku bunga rampai dengan judul “Pancasila Rumah Bersama”. Buku ini sebagai bentuk kontribusi dari GMKI untuk rakyat, bangsa dan negara ini. Saya berharap buku ini dapat memberikan pencerahan kepada generasi muda bagaimana memahami Pancasila dalam konteks kehidupan saat ini,” paparnya.

Dia juga menambahkan dalam kesempatan ini GMKI juga akan melaunching Aplikasi GMKI Sinergi.

“Aplikasi GMKI Sinergi ini kami launching hari ini berupa aplikasi yang jalan di platfirm Android dan IOS. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas dukungan dan kerjasamanya sehingga aplikasi ini dapat dibangun dan digunakan untuk kepentingan seluruh kompenen GMKI,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here