Home Nasional Kunjungi Panti Dinsos, Alzheimer Indonesia-Jepang Bermain Angklung

Kunjungi Panti Dinsos, Alzheimer Indonesia-Jepang Bermain Angklung

40
0
SHARE

Jakarta, Info Berita Satu – Alzheimer Indonesia-Jepang lakukan kunjungan ke Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3 milik Dinas Sosial DKI Jakarta. Dalam kunjungan itu, tiga orang warga negara Jepang yang tergabung dengan Alzheimer Jepang diajak memainkan angklung bersama para lanjut usia.

Tidak hanya itu bermain angklung, salah satu nenek dari warga binaan sosial panti mempersembahkan beberapa lagu untuk menyambut mereka.

Ria Maria sebagai Saintifik Komite Alzheimer Indonesia, mengemukakan, Alzheimer Jepang datang ke panti lansia ini untuk melihat bagaimana penanganan lansia-lansia telantar di DKI Jakarta.

“Orang Jepang ini akan mengikuti acara konferensi alzheimer internasional di Jakarta. Sebelum itu, mereka menyempatkan mampir ke panti dulu,” ujar Ria pada Senin (7/11).

Sementara itu, Kepala Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3, Marjito menyampaikan, lansia ini dalam kondisi telantar. Artinya tidak memiliki keluarga atau warga kurang mampu di DKI Jakarta.

“Untuk penanganan alzheimer memang di panti belum ada skrining. Kami kesulitan tenaga ahli dalam penanganan alzheimer,” kata Marjito.

Selain itu, meskipun memiliki petugas yang siaga 24 jam ditambah perawat dan dokter, itu menurutnya belum dapat melakukan penanganan bagi penderita alzheimer.

“Alzheimer ini memang membutuhkan penanganan khusus. Kami bukan ahli dan tenaga yang ada masih terbatas. Namun kami berupa dengan merujuk lansia ke rumah sakit jika memang diperlukan,” ungkap Marjito.(rs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here