Home Nasional Komisi X DPR RI Kunjungi Venue Persiapan Asian Games 2018 di SU...

Komisi X DPR RI Kunjungi Venue Persiapan Asian Games 2018 di SU GBK

50
0
SHARE

Jakarta, Info Berita Satu – Penyelenggaraan Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di dua provinsi, yaitu Provinsi DKI Jakarta dan Sumatera Selatan, serta melibatkan Provinsi Banten dan Jawa Barat, tinggal enam bulan lagi. Pembukaan Asian Games akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2018 dan ditutup pada tanggal 2 September 2018.

Untuk mengetahui segala persiapan yang telah dilakukan oleh pihak-pihak terkait, Komisi X DPR RI menyambangi Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (24/01/2018), yang menjadi salah satu venue tempat berlangsungnya Asian Games 2018.

Setelah mengunjungi SUGBK, rombongan Komisi X DPR RI yang dipimpin oleh Ketua Komisi X DPR Djoko Udjianto dan dihadiri pula oleh ketua panitia penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir, Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo, Sesmenpora Gatot Sulistiantoro Dewo Broto, dan Direktur Utama PPK GBK Winarto langsung menuju ke Stadion Aquatic, Istora Senayan dan berakhir di Lapangan hoki.

Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir menyatakan, usulan liburan selama Asian Games semua diserahkan kepada pemerintah. Ia mengatakan INASGOC sudah menyampaikan ini kepada Presiden RepublikIndonesia Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mereka berkunjung ke GBK beberapa waktu lalu.

“Apakah nanti sekolah yang diliburkan atau ada pengaturan jam kantor, dicari jalan keluarnya agar kemacetan dapat dikurangi. Kalau kita lihat pengalaman dari multievent sebelumnya, ini bisa mengurangi kemacetan hingga 50 persen. Tentu kita tidak ingin citra Bangsa Indonesia menjadi buruk karena kemacetan lalulintas yang parah saat Asian Games 2018,” ujar Erick.

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Sri Hartoyo memaparkan bahwa segi infrastruktur, dari seluruh yang dipersiapkan dan menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR sudah selesai semua, tinggal beberapa saja renovasi kecil di venue Jabar dan untuk squash segera dimulai bulan Februari dan akan selesai pada Juni mendatang.

“Semua pembengunan maupun renovasi besar untuk venue Asian Games yang menjadi tanggung jawab KemenPUPR sudah selesai, tinggal renovasi kecil di Jabar dan squash karena pengajuan diakhir maka akan segera dilaksanakan pada bulan Februari dan selesai bulan Juni. Hambatannya lebih pada kehati-hatian karena banyak yang merupakan cagar budaya (heritage), maka renovasi harus menyesuaikan dengan perundang-unfangan cagar budaya,” jelasnya.

Setelah mendengarkan paparan, rombongan Komisi X melanjutkan berkeliling mengunjungi berbagai venues, antara lain SU-GBK, aquatic, Istana Olahraga (Istora), dan hoki. Alhasil dari tinjau lapangan tersebut, Komisi X merasa lega bahwa semua berjalan sesuai perencanaan dan menaruh harapan besar bahwa empat sukses Asian Games dapat diperoleh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here