Home Nasional Sandiaga Uno Menghadiri Pencanangan Kelurahan Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Sandiaga Uno Menghadiri Pencanangan Kelurahan Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

53
0
SHARE

Jakarta, Info Berita Satu – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno, menghadiri kegiatan Pengenalan Pencanangan Kelurahan Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, di RPTRA Taman Sawo, Kelurahan Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,Minggu (28/1). Didampingi Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Tri Kurniadi dan Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah DKI Jakarta Hafiz Achmad, Wagub Sandiaga mengatakan, setiap pekerja, haruslah mendapatkan perlindungan sosial, untuk melindungi dirinya ketika sedang melaksanakan tugas.

Dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan, ada jaminan sosial, ada jaminan kesejahteraan dari pemerintah. Di sini kita akan buka pintu seluas-luasnya, karena musibah itu ada di sekitar kita, kecelakaan kerja ada di sekitar kita, budaya keselamatan dan kesehatan kerja akan terus kita dorong. Seandainya musibah itu terjadi, kita ingin mereka tercover, semua kita ingin masuk ke dalam program jaminan sosial oleh BPJS Ketenagakerjaan,” terangnya.

Sandi juga mengapresiasi peran BPJS Ketenagakerjaan, yang bekerja sama dengan pihak Kelurahan Cipete Utara, untuk membuat RPTRA Taman Sawo terus nyaman digunakan oleh masyarakat.
Sementara Wali Kota Tri Kurniadi mengatakan, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, sudah sangat lama bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Bahkan, programnya pun telah menyentuh hingga ranah RT/RW.
“RT/RW di Jakarta Selatan akan masuk ke dalam BPJS Ketenagakerjaan. Kita ingin semua masuk ke dalam jaminan sosial ini,” tuturnya.

Pada kesempatan sama, Hafiz mengatakan, adanya kartu BPJS Ketenagakerjaan sendiri bertujuan untuk mensejahterahkan dan memberikan perlindungan kepada masyarakat. SANDIlilah, pemerintah memberikan pintu seluas-luasnya untuk kami dan mempercepat perlindungan itu,” ucapnya.
Ia menambahkan, saat ini setidaknya 7,5 juta warga DKI Jakarta belum mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Padahal, dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, akan banyak manfaat yang bisa didapat Sinergi dengan Pemprov ini sangat penting sebab sekitar 7,5 juta warga Jakarta itu belum terjamin hak sosial tenagakerjanya. Adanya program kelurahan sadar jaminan sosial katenagakerjaan ini kami harap bisa mendorong para pengurus RT/RW, kader jumantik sampai hansip untuk bergabung,” imbuhnya.

Kami justru ajak semua masyarakat untuk lindungi diri dengan program ini dan dipastikan konkret,” kata Deputi Direktur Wilayah DKI Jakarta BPJS Ketenagakerjaan Ahmad Hafiz di lokasi,

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kebayoran Baru, Deny Yusyulian selaku penggagas program Kelurahan Sadar Jaminan Ketenagakerjaan menyatakan, sejak dilakukan pertama kali akhir 2017 lalu, kini sudah semua pengurus RT/RW dan kader jumantik di Kelurahan Cipete Utara sudah masuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.
“Dan ini mulai diaplikasikan di kelurahan lain di wilayah Kecamatan Kebayoran Baru. Di tingkat kecamatan, kini hampir semua pengurus RT, RW dan kader jumantiknya telah terlingdungi oleh jaminan sosial tenagakerja sehingga mereka bisa lebih tenang dalam menjalankan tugas-tugasnya yang berisiko,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here