Home Nasional LPSK Mencari Figur Terbaik Bangsa

LPSK Mencari Figur Terbaik Bangsa

25
0
SHARE

Jakqrta, Info Berita Satu – Masa bakti pimpinan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) periode 2013-2018 bakal segera berakhir pada awal Oktober 2018 mendatang. Saat ini, LPSK telah membentuk tim Panitia Seleksi (Pansei) yang bertugas mencari 7 (tujuh) figur terbaik bangsa untuk meneruskan estafet kepemimpinan LPSK lima tahun ke depan.

Tim Pansel Anggota LPSK periode 2018-2023 diketuai profesor ilmu hukum dari Universitas Indonesia Harkristuti Harkrisnowo dengan empat anggota, yang terdiri atas Widyopramono, Zumrotin K Susilo, Y Ambeg Paramarta dan Hendro Witjaksono. Kelima anggota tim Pansel Anggota LPSK tersebut mewakili unsur masyarakat dan pemerintah.

Menurut Ketua Tim Pansel Anggota LPSK, Harkristuti Harkrisnowo, dirinya bersama empat orang Iainnya mendapatkan mandat menjadi anggota tim Pansel Anggota LPSK. Tim Pansel akan bertugas mencari dan menjaring figur-figur terbaik bangsa untuk melanjutkan kepemimpinan lembaga yang bertugas memberikan perlindungan bagi saksi dan korban.

“Pendaftaran segera dibuka dalam waktu dekat (April). Kami mengimbau figur-figur terbaik bangsa yang memenuhi syarat dan konsen pada isu-isu perlindungan saksi dan korban, ambil bagian dalam seleksi ini. Tim Pansel memiliki waktu sekitar lima bulan untuk melaksanakan tahapan seleksi,” kata Harkristuti.

Tak lupa Harkristuti meminta partisipasi aktif dari media massa untuk menyiarkan tahapan seleksi ini sehingga akan banyak figur-figur yang memiliki kapasitas dan kapabiiitas yang akan menjadi calon peserta.

Masih menurut Harkristuti, Pansel sendiri sudah menyiapkan dan melaksanakan langkah-iangkah sebagai bagian dari tahapan seleksi anggota LPSK. Dari hasil seleksi yang dilakukan, Pansel akan mencari dan menetapkan 21 nama calon anggota LPSK untuk diserahkan ke Ketua LPSK. Selanjutnya, Ketua LPSK yang akan mengusulkan nama-nama itu ke presiden.

Ada serangkaian tahapan seleksi yang harus dilewati para calon anggota LPSK, mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi kemampuan konseptual, debat publik, profile assessment, tes kesehatan dan wawancara. “Targetnya pada Agustus, sudah terpilih nama-nama yang bisa diserahkan kepada Presiden untuk kemudian dipilih di DPR,” ujar dia.

Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai menambahkan, dengan telah terbentuknya tim Pansel, diharapkan seleksi anggota LPSK periode 2018-2023 bisa teriaksana tepat waktu. Seiain itu, Semendawai juga mengajak mereka yang memenuhi persyaratan dapat mengikuti seleksi demi kemajuan LPSK serta memaksimalkan pemenuhan hak saksi dan korban.

Khusus kepada tim Pansel Anggota LPSK, Semendawai berharap mereka dapat bekerja secara independen dan jauh dari intervensi dari pihak manapun. Dengan demikian, akan terpilih para caion-calon anggota yang berkompeten di bidangnya serta yang paling panting berintegritas dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pimpinan LPSK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here