Home Nasional Direktorat Kesenian Menggelar Work Shop Gerakan Seniman Masuk Sekolah

Direktorat Kesenian Menggelar Work Shop Gerakan Seniman Masuk Sekolah

54
0
SHARE

Jakarta, Info Berita Satu – Program seniman masuk sekolah (PSMS) yang digagas oleh kementerian Kebudayaan dan Pendidikan diikuti oleh 28 Provinsi dari daerah se Indonesia, Kamis 26/07/2018 di Hotel Saripan Pasific Jakarta. Gerakan ini sengaja dibentuk, tambahnya, agar kesenian kembali ke sekolah.

Acara dibuka langsung oleh Dirjend Kebudayaan dan Pariwisata RI Hilmar Farid. Yang menjadi peserta berasal dari Dinas Kebudayaan Kabupaten dan Kota se Indonesia. Menurut Dirjend HIlmar Farid bahwa ini sebagai workshop untuk setiap sekolah mulai dari SD hingga SMA dan sudah tiga tahun berjalan di semua provinsi dan sudah menerapkannya.

Gerakan ini, tambahnya, didukung penuh oleh seniman-seniman tanah air yang dikabarkan berjumlah sekitar 70 orang. seniman-seniman inilah yang akan membantu guru dan murid di sekolah-sekolah untuk kembali dekat dengan kesenian Tanah Air.

Program seniman masuk sekolah ini bertujuan menguji kreatifitas siswa dan banyaknya program seni yang belum tersentuh di setiap sekolah. Apalagi budaya lokal dan dan tradisional musik didaerah karena Indonesia banyak jenis seni dan budaya. Maka alasan inilah di lakukan dan penting nya program seniman masuk sekolah Hilmar.

Pendekatan seni memang dibutuhkan di sekolah-sekolah agar siswa-siswi mendapat asupan pengetahuan seni guna pengemabngan pendidikan di Indonesia. “Marilah kita membangun Indonesia lewat pendidikan yang lebih baik,

Sementara dari peserta kota Bengkulu Lismawati sampaikan cukup positif dan siswa menyukainya karena seni dalam sekolah tidak cukup dalam mata pelajaran saja tapi dalam muatan lokal atau ekstra kurikuler. Kami sangat respon dan bagus ujarnya. Program workshop ini akan berlangsung 4 hari di Jakarta dan di tutup oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Arief Yahya.(rs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here