Home Uncategorized Peta Elektoral Capres dan Parpol di Jawa Barat

Peta Elektoral Capres dan Parpol di Jawa Barat

35
0
SHARE

Jakarta, Enam bulan Pelaksanaan pileg dan pilpres 2019, PDIP terlihat masih unggul diwilayah Jawa Barat. Hal tersebut terungkap dari paparan temuan hasil survey indopoling Network pada diskusi bertajuk Peta Elektoral Capres dan Parpol di jawa barat jelang pemilu 2019 yang dilaksanakan di Bakoel Cafe Cikini Jakarta Pusat, Selasa ( 6/11).

Survei Berlangsung diwilayah Jawa Barat. Dimana pengambilan data dilakukan selama periode 9-15 oktober 2018.Pengambilan sempel dilakukan dengan Multi stage rendom sampling. Adapun jumlah sempel dalam survei ini sebesar 1200 responden pada tingkat kepercayaan 95% dan margin error ( Moe ) sebesar kurang lebih 2,8 %.
Wempy hadir ( Direkur Indopoling ) memaparkan jika Pileg  dilaksanakan hari ini, PDIP masih unggul dengan elektabilitas sebesar 19,5 %.disusul oleh partai Gerindra ( 13,8%).

Sementara Partai Golkar terpental diurutan ke tiga dengan elektabilitas sebesar 9,2 % dari yang sebelumnya berada diurutan  kedua pada pileg 2014. Elektabilitas partai Lain secara berturut adalah : PPP ( 4,7 % ); PKB ( 4,3 % ) ; dan Partai Demokrat 3,4%.
Sementara elektabilitas partai lainya masing-masing dibawah 2%.potensi Pemilih yang belum menentukan pilihan ( Undecided voters ) masih tersisa  32,5%.

Temuan elektabilitas Partai Gerindra yang saat ini berada diposisi kedua cukup mengejutkan dan merubah peta konstalasi  partai peserta Pemilu di  Jawa Barat. Tingginya elektabilitas Partai Gerindra mengkonfirmasi efek elektoral pencapresan Prabowo-Sandi terhadap partai tersebut.

Peneliti LIPI Hermawan Sulistyo mengatakan Sumatera Barat, Madura suara untuk Jokowi kurang. Kalau seperti bola disini ditekan disana melembung. Kalau kita besar lawan berkurang. Jangan gunakan isu itu nanti menjadi bola liar.  Kalau mau bagus dalam pilpres dengan adu program. 

Demografi  latar belakang pendidikan  50% penduduk Indonesia lulusan SD.
Jawa Barat disurvei karena wilayah seksi. Masih banyaknya swing voters. Mungkin visi misi Capres di Jawa Barat belum sampai ke pemilih. Hampir 40% belum memberikan dukungan. Jokowi kalah pada pemilu 2014 di Jawa Barat. Isu primordial sangat tinggi di Jawa Barat. Tingkat swing voters hampir 50% dan masih bisa berubah. Dalam satu bulan kedepan bisa berubah pungkas Herman Sulistyo (rs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here