Home Uncategorized BIG Luncurkan Desain Situs WEB dan JDIH Terbaru

BIG Luncurkan Desain Situs WEB dan JDIH Terbaru

8
0
SHARE

Cibinong, Badan Informasi Geospasial (BIG) telah menyelesaikan desain terbaru dari situs utama dan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH). Sebagai bagian dari layanan informasi publik, kedua wadah informasi BIG di dunia maya tersebut mesti diketahui oleh stakeholder dan masyarakat luas.

Desain situs utama dan JDIH yang baru kami buat lebih menarik mengikuti perkembangan di bidang teknologi informasi,” kata Sekretaris Utama BIG Ir. Muhtadi Ganda Sutrisna di sela peluncuran Situs Web BIG dan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum BIG,
di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/11/2018).

Menurut Muhtadi, dua situs tersebut menjadi wajah yang menampilkan pesona BIG melalui dunia maya yang bisa melayani masyarakat selama 24 jam penuh. Ini menjadi bagian dari revolusi industri 4.0 yang memang harus diadaptasi oleh BIG.

Selanjutnya, Muhtadi memaparkan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi kepada publik. Dalam situs website BIG kini telah menyediakan kolom pengajuan kunjungan. Hal itu guna memudahkan bagi setiap sekolah, universitas, instansi, maupun pihak swasta yang ingin mengenal lebih jauh wajah Indonesia lewat pemetaan yang BIG kerjakan.

Sebagai bagian dari kesatuan jaringan situs BIG, Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) menyediakan seluruh dokumentasi dan informasi mengenai peraturan perundang undangan mengenai informasi geospasial hingga keputusan pimpinan BIG. Kategori produk hukum BIG secara umum terbagi atas dua produk hukum besar, yaitu peraturan perundang undangan dan naskah dinas ungkap Muhtadi.

Pembaruan dari JDIH antara lain pengintegrasian JDIH dengan jaringan dokumentasi dan informasi hukum nasional sehingga akan semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses dokumentasi dan informasi hukum di BIG. Dengan kata lain, dengan mengakses IDIH BIG, pengguna dapat masuk ke dalam jaringan dokumentasi dan informasi hukum nasional ataupun sebaliknya.

Kini JDIH BIG telah terintegrasi dengan sistem single sign on sehingga seluruh pegawai BIG dapat mengakses seluruh dokumen hukum. Bahkan informasi yang dikecualikan meliputi informasi informasi yang patut dirahasiakan dan memiliki tingkat urgensitas tinggi dapat diakses pegawai BIG.

Situs Utama BIG dapat diakses di alamat www.big.go.id.Sementara IDIH BIG dapat diakses lewat alamat www.jdih.big.go.id. Pembaruan keduanya merupakan bukti keseriusan BIG dalam meningkatkan mutu layanan informasi publik dalam penyelenggaraan informasi geospasial.(rs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here